Teknik Dasar Bola Basket

Setelah membahas Pengertian Bola Basket, kali ini kita akan membahas mengenai apa saja teknik dasar dalam permainan bola basket.

Seperti olahraga permainan bola besar lainnya, bola basket juga memiliki teknik-teknik dasar.

Yang apabila teknik-teknik tersebut dikuasai dengan baik dan benar, maka kamu bisa menjadi seorang pemain bola basket yang jago.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Dengan bermain basket secara rutin dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular yang akan membantu tubuh menghindari penyakit berbahaya.

Sebelum mulai mencoba permainan bola basket, ada baiknya kita pelajari dahulu teknik dasar olahraga basket berikut ini :

#1. Teknik Memegang Bola Basket

cara memegang bola basket yang benar

Sebelum mulai bermain bola basket, kita harus mengetahui teknik paling dasar dari olahraga bola basket, yaitu cara memegang bola basket.

Sebelum melempar bola, pemain harus memegang bola dengan baik dan benar. Kesalahan dalam memegang bola basket dapat menyebabkan bola basket mudah lepas dari tangan.

Caranya yaitu pertama, sikap awal tangan harus membentuk sebuah mangkuk besar, bola harus berada diantara kedua telapak tangan, telapak tangan melekat di samping bola dan sedikit ke belakang.

Kedua, pastikan jari-jari tangan melekat dengan memberikan jarak antar jari Lalu, letakkan ibu jari pada bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Bola basket pun siap untuk dilemparkan.

#2. Teknik Mengoper Bola Basket (Passing)

cara mengoper bola basket yang benar

Gerakan Teknik bermain bola basket yang selanjutnya ialah teknik mengoper bola atau biasa disebut passing. Teknik ini harus dikuasai agar kerjasama dalam tim dapat berjalan dengan lancar, passing dapat dilakukan dengan satu maupun dua tangan.

Ada 7 cara dalam melakukan teknik passing bola basket yang kita ketahui :

Variasi Passing – Chest Pass

Chest pass merupakan teknik passing yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Bola harus dipegang menggunakan ujung jari dari kedua tangan, sedangkan ibu jari berada dibagian belakang bola.

Ketika hendak melemparkan bola, kedua lengan diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke bagian bawah bola. Bola yang dioper secara chest pass harus lurus dan tidak boleh melambung atau mengarah ke bawah.

Variasi Passing – Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik mengoper dengan mendorong bola ke arah bawah dan memantulkan bola tersebut ke lantai. Saat melakukan bounce pass, kalian tidak dapat melakukannya dalam jarak dekat.

Variasi Passing – Overhead Pass

Sesuai dengan namanya, overhead pass adalah teknik mengoper dengan tangan berada diatas kepala dan siku membentuk sudut 90 derajat.

Variasi Passing – Back Pass

Teknik passing ini dapat dilakukan apabila penerima berada dekat dengan kalian. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari posisi arah belakang punggung.

Variasi Passing – Under Pass

Teknik ini dilakukan dengan cara mengoper bola pada jarak sepinggang dan diarahkan lurus kepada penerima.

Variasi Passing – Baseball Pass

Teknik ini mirip seperti melakukan lemparan baseball, yakni lemparan dilakukan menggunakan tenaga yang cukup kuat dan hanya dengan satu tangan.

Variasi Passing – Hook Pass

Teknik passing ini dilakukan dengan satu tangan yang membentuk seperti kait (hook), tepatnya dengan menekuk lengan ke atas dan melewati bahu. Lepaskan bola di depan wajah Anda untuk operan datar, atau lebih jauh menuju bahu untuk operan yang lebih tinggi.

#3. Teknik Menangkap Bola Basket (Catching)

cara menangkap bola basket yang benar

Teknik olahraga bola basket selanjutnya yaitu teknik menangkap bola, menangkap bola merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket.

Keterampilan menangkap bola sangat diperlukan agar bola tetap dalam penguasaan (tidak lepas dari tangan).

Menangkap bola dapat dilakukan dengan satu maupun dua tangan. Caranya mirip dengan teknik memegang bola basket.

Saat ingin menangkap bola basket, kalian harus fokus dan pastikan bola mengarah ke telapak tangan kita sambil merentangkan jari-jari tangan kalian. Bisa dilakukan diatas kepala maupun di depan dada sesuai kondisi.’

#4. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

teknik dribbling bola basket

Teknik dribbling bola basket mirip dengan prinsip teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola. Kita harus membawa/ menggiring bola sembari menghindari hadangan lawan.

Hanya saja, yang dimaksud dengan menggiring pada bola basket dilakukan dengan cara memantul-mantulkan bola ke tanah atau lantai menggunakan satu telapak tangan terbuka.

Secara garis besar, terdapat 2 jenis dribbling yang dikenal dalam olahraga bola basket, yaitu:

Dribbling Tinggi

Dilakukan dengan cara jalan cepat atau berlari agar bola cepat memasuki pertahanan lawan. Teknik ini digunakan ketika pemain lawan cukup jauh dari pemegang bola.

Pada dribble tinggi, kaki dibuka sejajar. Jika kalian menggunakan tangan kanan, maka bola dipantul-pantulkan di samping kanan depan, begitu pula sebaliknya. Seperti pada dribble rendah, pastikan tubuh tidak terlalu tegap, melainkan sedikit condong ke depan.

Dribbling Rendah

Teknik ini dilakukan untuk mempertahankan bola dari rebutan lawan, sedang berhadapan langsung dengan lawan, dan saat ingin membuat terobosan yang memanfaatkan celah yang dibuat oleh lawan ketika lengah.

Saat melakukan dribble rendah, kaki hanya dibuka selebar bahu. Jika kalian menggiring dengan tangan kanan, maka kaki kiri harus berada di depan, begitu pula sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk melindungi bola dari incaran lawan.

Perhatikan juga tinggi pantulan bola, jangan sampai melebihi pinggang dan jangan lupa untuk sedikit mencondongkan badan ke arah depan.

Jika kita sudah bisa menggunakan kedua teknik dribbling diatas dengan baik dan benar, maka kita bisa lanjut belajar teknik dribbling lanjutan.

Beberapa teknik dribble lanjutan yang dapat dikuasai dengan latihan rutin, yaitu teknik spin dribble, teknik between the legs dribble, dan teknik behind the back dribble.

#5. Teknik Pivot Bola Basket

teknik pivot bola basket

Teknik berputar di tempat atau biasa disebut pivot dalam permainan bola basket merupakan gerakan memutar tubuh dengan menggunakan salah satu kaki sebagai poros sekaligus sebagai tumpuan tubuh. Pivot dilakukan dengan kedua tangan memegang bola.

Para pemain bola basket melakukan pivot biasanya setelah menerima operan dari rekan satu tim karena ingin melindungi bola dari sergapan lawan.

Pivot merupakan inovasi teknik yang menyesuaikan aturan bola basket, yaitu pemain yang memegang bola diharuskan melakukan dribble dan akan dinilai sebagai suatu pelanggaran apabila bergerak tanpa melakukan dribble.

#6. Teknik Menembak (Shooting)

teknik shooting bola basket

Shooting atau menembak adalah teknik dasar bermain bola basket yang perlu dikuasai oleh semua pemain basket apapun posisinya.

Kemampuan menembak dan memasukkan bola ke dalam ring tentu akan berbuah poin baik itu tembakan dua angka, tiga angka, atau free throw yang menjadi tujuan utama olahraga ini.

Dimaz Muharri dan Jarron Crump, pelatih DBL Academy menjelaskan bahwa untuk menguasai teknik dasar shooting dalam permainan bola basket, Anda perlu memahami konsep B.E.E.F.

B.E.E.F. merupakan singkatan dari Balance, Eyes, Elbow, dan Follow Through yang perlu Anda perhatikan apapun jenis tembakan yang dilakukan. Berikut adalah penjelasan dari B.E.E.F.

Balance

Keseimbangan tubuh sangat diperlukan saat Anda melakukan shooting. Buka kaki selebar bahu, tekuk lutut sedikit, dan posisikan tubuh seperti setengah jongkok.

Eyes

Shooting yang bagus haruslah tepat sasaran. Arahkan pandangan dan fokus pada sasaran Anda, yakni ring basket.

Elbow

Ketika hendak melepaskan bola saat shooting, posisikan siku Anda membentuk sudut 90 derajat atau menyesuaikan. Semakin tumpul atau lancip sudut ini akan memengaruhi kekuatan tembakan bola.

Follow Through

Setelah melesatkan bola dari tangan, lakukan gerakan untuk memperoleh spin bola yang baik. Posisikan jari-jari tangan mengarah ke ring basket dan pergelangan tangan ditekuk ke depan, seperti leher angsa.

#7. Teknik Rebound

teknik rebound bola basket

Teknik basket yang satu ini berguna untuk memanfaatkan pantulan bola yang gagal masuk ke dalam ring basket.

Jika tembakan yang gagal berasal dari tim kita, maka rebound berguna untuk memanfaatkan kemelut di depan ring.

Namun jika yang tembakannya gagal adalah tim lawan, rebound dapat dimanfaatkan untuk menjauhkan bola dari daerah pertahanan tim kita.

#8. Teknik Bertahan (Defense)

cara bertahan defense bola basket

Selain kemampuan offensive untuk melakukan serangan dan mencetak poin, seperti dribbling, passing, dan shooting, Kita juga perlu mengetahui teknik defense atau bertahan dalam permainan bola basket.

Teknik basket yang satu ini perlu kita kuasai untuk menghadang/ mencegah lawan mencetak poin.

Ada banyak istilah teknik bertahan dalam basket, seperti close-out, pass denials, weak side help, post defense, dan sebagainya.

Namun untuk kita yang masih pemula yang baru belajar bola basket, teknik defense, yakni stealing dan blocking adalah yang paling awal perlu kita kuasai.

Teknik bertahan : Stealing

Teknik merebut penguasaan bola oleh pemain bertahan — baik saat sedang dipegang, dioper, atau di-dribble — dari pemain lawan. Apabila saat merebut bola pemain bertahan menyentuh tangan lawan, maka akan dikenakan pelanggaran.

Teknik bertahan : Blocking

Teknik saat pemain bertahan berhasil menepis tembakan dari pemain menyerang, sehingga bola tidak berhasil masuk ke dalam ring basket.

#9. Teknik Screen

Teknik basket Screen bertujuan untuk membebaskan teman satu tim kita dari penjagaan tim lawan. Sehingga memudahkan tim kita untuk mencetak poin skor.

Teknik gerakan screen bola basket dilakukan dengan cara menutup arah pergerakan pemain tim lawan dan membuka ruang pergerakan teman satu tim dengan memberi jalan melewati belakang pemain yang melakukan screen.

#10. Teknik Slam Dunk

cara melakukan teknik slam dunk bola basket

Gerakan Teknik bola basket yang terakhir merupakan teknik yang paling ditunggu-tunggu oleh penonton. Teknik ini merupakan gerakan yang seringkali bisa membuat komentator kegirangan dan heboh karena cantiknya gerakan shoot ini.

Oleh sebab itu, tim yang dapat memasukkan bola dengan cara ini seringkali terangkat semangatnya. Dan juga bisa meruntuhkan semangat tim yang kebobolan dengan cara ini.

Pada awalnya, slam dunk hanyalah sebuah pertunjukan. Namun, secara perlahan teknik ini dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan.

Slam dunk merupakan menembak bola dengan melayang dan melompat ke udara, tidak sekedar melempar bola atau hanya melambungkan bola.

Penutup

itulah tadi pembahasan materi tentang teknik dasar bola basket yang perlu kita pelajari sebelum mulai mencoba aktifitas permainan bola besar bola basket.

Berikut ini sudah kami ringkas materi teknik dasar permainan bola basket diatas dalam tabel berikut.

NoTeknik Dasar Bermain Bola Basket
1Memegang (Handling)
2Mengoper (Passing)
3Menangkap (Catching)
4Menggiring (Dribbling)
5Berputar Ditempat (Pivot)
6Menembak (Shooting)
7Rebound
8Bertahan (Defense)
9Screen
10Slam Dunk

Semoga materi di atas bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di materi selanjutnya yaa.

Tinggalkan komentar