Lirik dan Arti Syair Abu Nawas Al-I’tiraf

Syair abu nawas al itirof

Syair Abu Nawas – Wellcome back sobat panjer, hayo, siapa dari kalian yang belum kenal dengan Abu Nawas, salah satu pujangga Arab serta penyair Arab klasik yang sangat terkenal. Pasti kalian pernah mendengarkan kisah kisah beliau yang lucu.

Jika kalian belum mengetahui dan ingin mengenal sosok beliau, serta syair beliau yang sangat terkenal I’tirof (Sebuah Pengakuan). Pada artikel ini saya akan membahasnya secara lengkap. Simak terus ya, sampai bawah.

Biografi Singkat Abu Nawas

Biografi singkat abu nawas lengkap
Biografi singkat abu nawas

Kelahiran Beliau

Nama asli beliau adalah Abu Ali al-Hasan bin Hani al-Hakami. Lahir pada 145 H (747 M ) di kota Ahvaz, Persia (sekarang negara Iran). Beliau merupakan seorang pujangga Arab dan dianggap sebagai salah satu penyair terbesar sastra Arab klasik. Kehidupan Abu Nawas juga dikisahkan beberapa kali dalam kisah 1001 Malam.

Ayahnya bernama Hani al-Hakam, orang keturunan Arab yang merupakan anggota militer Khalifah Marwan II dari Dinasti Umayyah. Sementara ibu beliau bernama Jalban, wanita Persia yang bekerja sebagai pembersih kain wol.

Kehudupan Beliau Saat Kecil

Sejak kecil Abu Nawas sudah yatim (Ayahnya sudah meninggal). Sang ibu kemudian membawanya ke kota Bashrah, di Irak. Saat di kota inilah Abu Nawas belajar berbagai ilmu pengetahuan seperti sastra Arab, Al-Qur’an dan ilmu Hadist serta ilmu-ilmu lainnya.

Dalam kitab Al-Wasith fil Adabil ‘Arabi wa Tarikhihi, Abu Nawas digambarkan sebagai penyair multivisi, penuh canda, berlidah tajam, pengkhayal ulung, dan tokoh terkemuka sastrawan angkatan baru. Namun sayang, karya-karya ilmiahnya justru jarang dikenal di dunia intelektual. Ia hanya dipandang sebagai orang yang suka bertingkah lucu dan tidak lazim.

Wafatnya Beliau

Beliau meninggal pada tahun 199 H/814 M (sekitar umur 57-58). Beliau dikebumikan di daerah Syunizi di jantung Kota Baghdad.

Syair Doa Abu Nawas Al-I’tiraf

Syair Doa Abu Nawas Al-I'tiraf
Syair Doa Abu Nawas Al-I’tiraf

Salah satu karya sastranya yang terkenal adalah Syair/doa Al-I’tirof Atau dalam bahasa indonesianya berarti sebuah pengakuan. Kenapa dinamakan demikian? karena isi atau makna dari syair tersebut tidak lain ialah pengakuan atas kesalahan kepada Allah.

Bagi kamu yang belum tau dan yang sudah tau tapi ingin mencari teks arab-indonesianya, berikut ini saya tuliskan lirik syairnya serta terjemahannya dalam bahasa indonesia. Kurang lebih seperti ini;

Syair Do’a Abu Nawas – I’tirof

إِلهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً  –  وَلاَ أَقْوَى عَلىَ النَّارِ الجَحِيْمِ

Ilaahii lastu lil firdausi ahlaan – wa laa aqwaa ‘alaa naaril jahiimi
Wahai Tuhanku! Aku bukanlah ahli surga – tapi aku tidak kuat dalam neraka Jahim.

فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ  –  فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ العَظِيْمِ

Fa hablii taubatan waghfir zunuubii – fa innaka ghaafirudzdzambil ‘azhiimi
Maka berilah aku taubat dan ampunilah dosaku – sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa  yang besar.

ذُنُوْبيِ مِثْلُ أَعْدَادِ الرِّمَالِ  –  فَهَبْ ليِ تَوْبَةً يَاذاَالجَلاَلِ

Dzunuubii mitslu a’daadir rimaali – fa hablii taubatan yaa dzaaljalaali
Dosaku bagaikan bilangan pasir dipantai – maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.

وَعُمْرِي نَاقِصٌ فيِ كُلِّ يَوْمٍ   –  وَذَنْبيِ زَئِدٌ كَيْفَ احْتِمَالِ

Wa ‘umrii naaqishun fii kulli yaumi – wa dzambii zaa-idun kaifah timaali
Umurku ini setiap hari berkurang – sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.

إِلهِي عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ  –  مُقِرًّا بِالذُّنُوْبِ وَقَدْ دَعَاكَ

Ilaahii ‘abdukal ‘aashii ataaka – muqirran bidzdzunuubi wa qad da’aaka
Wahai, Tuhanku! Hamba-Mu yang berbuat dosa telah datang kepada-Mu – dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada-Mu.

فَإِنْ تَغْفِرْ فَأَنْتَ لِذَا أَهْلٌ  –   فَإِنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاكَ

Fa in taghfir fa anta lidzaaka ahlu – wa in tathrud faman narjuu siwaaka
Maka jika Engkau mengampuni, maka Engkaulah yang berhak mengampuni – Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?

Gambar Kelebihan
Beberapa gambar mengenai syair abu nawas al i’tirof :

Penutup

Demikian artikel tentang Syair Abu Nawas kali ini. Semoga selalu bermanfaat bagi saya yang menulis dan kalian yang membaca. Sebar luaskan artikel ini kepada orang orang disekitar kita, agar bisa menambah amal jariyah kita semua. Tunggu artikel yang lainnya ya …

Tinggalkan komentar