Pantai Bali Yang Wajib di Kunjungi

42 0

Pulau Dewata terkenal akan keindahan pantainya yang digemari tidak hanya oleh wisatawan nusantara (wisnus), juga wisatawan mancanegara (wisman).

Selain menawarkan pemandangan alam, pantai-pantai di Bali juga menawarkan sejumlah kegiatan wisata air yang menarik. Kendati demikian, pantai-pantai ternama seperti Kuta atau Seminyak mungkin akan dipenuhi oleh wisatawan yang rindu akan suasana yang ditawarkan.

Nah, dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa rekomendasi panta-pantai yang wajib dikunjungi ketika di bali. Cusss langsung baca dibawah ini.

Pantai Yang Wajib Kalian Kunjungi Saat Berlibur ke Bali

#1 Pantai Seminyak

Berbanding terbalik dengan Kelingking Beach, Pantai Seminyak atau Seminyak Beach sangat mudah dicapa. Terletak di utara Pantai Kuta dan Pantai Legian, pantai di Bali yang satu ini dekat dengan area Seminyak yang hype banget. Pantainya juga penuh dengan resort, kafe dan bar, serta beach club.

Meski begitu, Pantai Seminyak tetap merupakan salah satu pantai di Bali yang wajib kamu kunjungi karena pantai ini sangat cocok untuk kamu bersantai menunggu matahari terbenam. Dengan hamparan pasir yang luas dan jumlah pengunjung yang tak seramai Kuta dan juga relatif lebih bersih, nongkrong di Pantai Seminyak benar-benar menyenangkan.

Jika kamu ingin menikmati pantai ini lebih maksimal, Klook merekomendasikan kamu untuk menginap di Anantara Seminyak. Terletak di tepi Pantai Seminyak, kamu bisa menikmati pengalaman menginap yang sangat nyaman karena semua kamar hotel di Anantara Seminyak adalah berjenis suites.

#2 Pantai Green Bowl

Pantai pada umumnya mungkin hanya menawarkan panorama hamparan laut lepas dan pasir putih yang halus. Namun beda halnya dengan Pantai Green Bowl.

Pantai yang berlokasi di Ungasan, Kuta Selatan ini memiliki sebuah karang yang terdapat goa penuh kelelawar di dalamnya.

Tidak hanya itu, suasananya pun terbilang cukup sepi lantaran Pantai Green Bowl belum terlalu diketahui sebagian besar wisatawan. Nama pantai disematkan karena bentuknya yang mirip mangkuk saat air laut surut.

Pantai pun dikelilingi oleh banyak karang hijau yang ditutupi oleh lumut. Untuk berkunjung ke sana, kamu harus menuruni lebih dari 300 anak tangga terlebih dahulu. Ada baiknya kamu siapkan tenaga sebelum menuju pantai.

#3 Pantai Nyang-Nyang

Berlokasi di Desa Pecatu, Kabupaten Badung, pantai ini pernah dinobatkan oleh CNN Travel Internasional sebagai salah satu pantai terbaik di dunia tahun 2018. Garis pantai berpasir berwarna kuning keemasan membuat pantai terlihat unik. Selain itu, Pantai Nyang Nyang juga memiliki tebing yang dipenuhi oleh tumbuhan hijau.

Pantai yang terletak dekat Pura Uluwatu ini menawarkan pemandangan ombak bergulung tinggi. Pantai para peselancar tersebut berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sejumlah aktivitas bisa dilakukan oleh wisatawan di Pantai Nyang Nyang seperti berjemur, bermain pasir, berkemah, atau bermain paralayang dari Bukit Peninsula.

#4 Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua disukai wisatawan domestik untuk dikunjungi saat liburan di Bali. Karena pantai Nusa Dua salah satu pantai terbersih di pulau Bali. Kebersihan pantai di Nusa Dua yang selalu terjaga membuat saya menaruh pantai Nusa Dua Bali di nomer satu dalam daftar 10 pantai terindah di Bali.

Penyebab pantai Nusa Dua sangat bersih, karena di sepanjang bibir pantai Nusa Dua terdapat hotel-hotel berbintang lima dan selalu ada petugas kebersihan yang membersihkan pantai.

Di Pantai Nusa Dua ada 2 pantai, yaitu pantai Geger dan pantai Mengiat Nusa Dua, kedua pantai ini lebih cocok untuk berenang dan aman untuk anak-anak bermain. Karena gelombang ombak yang kecil, sangat cocok untuk wisata pantai bersama keluarga.

#5 Pantai Jimbaran

Pantai pasir putih Jimbaran Bali disukai oleh wisatawan domestik karena menawarkan aktivitas wisata kuliner unik. Yaitu, makan malam dengan hidangan seafood bakar di pinggir pantai Jimbaran, sambil melihat pemandangan matahari terbenam.

Pantai Jimbaran Bali lebih cocok dikunjungi untuk wisatawan yang sedang berbulan madu yang menginginkan makan malam romatis dipinggir pantai.

#6 Pantai Kuta

Saya yakin anda pasti tahu atau pernah berlibur di pantai Kuta Bali. Salah satu pantai pasir putih di Bali paling populer dan sangat terkenal sampai kemancanegara. Daya tarik pantai Kuta Bali yang membuat wisatawan sangat suka liburan ke pantai Kuta terletak pada:

  • Akses ke pantai sangat dekat dengan airport Ngurah Rai.
  • Pasir putih landai serta sangat luas.
  • Sarana dan prasaranan penunjang pariwisata banyak tersedia, seperti hotel, restoran, mall.
  • Keindahan pemandangan sunset.

#7 Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali saat ini sedang populer di kalangan wisatawan domestik. Selain itu, sebagian besar wisatawan domestik yang berlibur ke tempat wisata Bali selatan, selalu mencantumkan rute mengunjungi pantai Pandawa. Keunikan dan keindahan dari pantai Pandawa Bali terletak pada:

  • Tebing Batu dengan patung lima Pandawa.
  • Pasir putih halus serta bersih.
  • Air laut tenang dan berwarna kebiruan.
  • Cocok untuk aktivitas berenang dan bermain kano.

#8 Pantai Sanur

Sebagai area yang popularitasnya mirip dengan Pantai Kuta, alias sudah eksis sejak puluhan tahun lalu, Sanur memang udah enggak terlalu dilirik lagi oleh traveler muda. Tapi imbasnya, pantai ini jadi menyenangkan untuk kamu-kamu yang menyukai area pantai yang relatif tenang, apalagi para pecinta pagi! Yup, Pantai Sanur memang terkenal dengan sunrisenya yang ikonik.

Hal lain yang enggak disadari banyak orang adalah, area pantai di Sanur ternyata panjang banget! Untuk menelusurinya, kamu bisa berjalan kaki sejauh 5km dengan jarak tempuh 1 jam melalui jogging track di sepanjang Sanur yang menghubungkan Pantai Matahari Terbit dengan Pantai Mertasari.

Kamu bisa mulai berburu sunrise terbaik di sekitar Pantai Karang, lalu susuri trek ke arah selatan untuk menemukan laut berwarna hijau toska di sebelah kirimu hingga ke area Pantai Mertasari. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk berolahraga di Bali!

Kamu mungkin tahu kalau pemandangan dari atas tebing di Kelingking Beach sangat indah dan magis. Enggak heran, kebanyakan wisatawan datang ke sini untuk menikmati panorama pantai di Nusa Penida ini sambil foto-foto dengan background tebingnya yang unik.

Tapi tau gak sih, kamu sebenarnya bisa turun mengikuti tangganya yang curam sampai ke pantainya di dasar? Memang masih jarang banget turis yang mau susah payah melakukannya karena memang sangat melelahkan. Tapi ketika kamu sampai di dasar, pantai di Kelingking Beach ini benar-benar akan membayar semua usaha kamu.

#9 Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel, juga dikenal dengan White Sand Beach, berlokasi di Desa Padangbai, Kabupaten Karangasem.

Sebelum menikmati keindahan pantai, kamu harus menuruni tangga yang cukup terjal. Meski begitu, rasa khawatir akan langsung hilang saat tiba di area pantai.

Sebab, kamu akan langsung disambut oleh pasir putih yang terlihat sangat kontras dengan birunya air laut, serta pemandangan batu karang besar yang mengapit pantai.

Bergeser sedikit ke sisi kiri pantai, pengunjung akan melihat sebuah laguna kecil yang dikelilingi oleh batuan karang. Kamu bisa berenang dan berendam di sana.

Namun jika air laut sedang pasang, wisatawan diimbau untuk tidak berenang dan berendam di sana agar tidak terbawa ombak. Beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan selama di Pantai Bias Tugel adalah berenang dan berselancar di pantai, melihat fenomena “air mancur” di sisi kanan pantai, dan snorkeling.

Fenomena yang disebut sebagai water blow disebabkan dari air laut yang membentur karang. Benturan tersebut menyebabkan air muncrat ke atas dan terlihat seperti air mancur.

#10 Crstal Bay

Crystal Bay adalah sebuah pantai di Nusa Penida yang terkenal. Terletak di area barat laut pulau wisata ini, Crystal Bay adalah salah satu tempat wisata di Nusa Penida yang memiliki akses jalan yang sangat mulus! Apalagi kalau dibandingkan dengan tempat wisata Nusa Penida lainnya.

Meski begitu kamu tetap harus berhati-hati karena jalanan dari dan ke pantai ini sangat curam. Kamu bisa mencapainya dengan mudah menggunakan mobil atau motor yang disewa di Nusa Penida, atau kamu bisa mengunjunginya dengan mengikuti paket tour di Nusa Penida.

Tentunya ada alasan kenapa pantai ini disebut Crystal Bay. Dengan pasir putih yang halus dan laut yang relatif lebih tenang dibanding area lainnya di Nusa Penida, Crystal Bay memang punya pantai dan air laut layaknya kristal. Enggak heran kalau pantai ini jadi salah satu yang paling banyak dikunjungi orang saat traveling ke Nusa Penida.

Penutup

Itulah tadi beberapa Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Bali. Kalian sudah pernah ke pantai mana saja? Atau ada dari pantai-pantai diatas yang sudah masuk list travelling kalian?

Sekian dari saya.

Last Updated on August 31, 2021 by Ilham Taufiq

Tinggalkan komentar