Oleh Oleh Khas Bali

26 0

Cah Panjer – Saat mengunjungi pulau Bali, pastinya tidak lepas dari destinasi wisatanaya yang bagus. Jika sudah lelah keliling pulau Bali, biasanya kita ingin membeli oleh oleh untuk dibawa pulang.

Kali ini kami akan membahas mengenai beberapa Oleh Oleh Khas Bali yang paling populer saat ini. Baik itu makanan, minuman, atau aksesoris semacamnya.

10 Oleh Oleh Kekinian Khas Bali

Sebagai salah satu pusat destinasi pariwisata Indonsia, bali juga menghadirkan sederet Oleh Oleh Khas Bali yang bisa dengan mudah kalian temukan. Berikut ini adalah beberapa Oleh Oleh Khas Bali yang wajib kalian dapatkan saat berkunjung ke Pulau Bali.

#1 Pie Susu Bali

Pie Susu Sisy Bali - Cah Panjer
Image via : Instagram/@piesususisyofficial

Pie susu adalah salah satu camilan khas pulau Bali yang sudah terkenal di manca daerah. Selain kulitnya yang renyah dan gurih, isi pie susu Bali juga terasa manis dan lembut. Tidak heran, camilan ini bisa membuat penikmatnya ketagihan. Di Hongkong, terdapat juga kudapan yang mirip dengan pie susu Bali yang bernama custard egg tart.

Untuk pemesanan kalian bisa menuju halaman berikut :

Jual Pie Susu Khas Bali Enak & Halal

#2 Cokelat Bali

Heavenly Chocolate Bali - Cah Panjer
Image via : Instagram/@heavenlychocolatebali

Cokelat atau juga biasa disebut Coklat, merupakan sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Pada jaman milenial ini, coklat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari-hari perayaan. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta.

Rasa cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Biasanya coklat diolah dalam bentuk cokelat batangan atau menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

#3 Kacang Disco Bali

Kacang Disko Bali - Cah Panjer
Image via : keluyuran.com

Selanjunya ada Kacang Disco, salah satu oleh-oleh khas Bali yang populer. Jika kalian berkunjung ke Bali jangan sampai melewatkan oleh-oleh pulau bali yang satu ini.

Tekstur kacangnya yang crunchy dan rasanya yang gurih menambah kenikmatan dari kacang disco ini. Hidangkan kacang disco ini sebagai camilan pada waktu santai ataupun berkumpul bersama keluarga anda.

Kacang disco ini terdiri dari beberapa rasa antara lain rasa original, keju, pedas manis, extra pedas, udang dan barbeque dan lain lain. Dikemas menarik dengan bungkus kardus berwarna dan terkesan mahal.

#4 Brem dan Arak Bali

Arak Bali Dewi Sri - Cah Panjer
Image via : Instagram/@arakbrembalidewisri

Brem & Arak Bali adalah salah satu jenis minuman yang sangat identik dengan kebudayaan Bali. Keberadaannya tidak hanya sebagai minuman penghangat badan, tetapi juga sebagai bagian dari sarana upacara keagamaan. Selain itu, arak Bali dikenal pula sebagai salah satu oleh-oleh yang menarik.

Biasanya, arak serta brem Bali dibuat dari fermentasi beras. Namun, tak jarang produk arak yang dihasilkan ternyata sangat berbahaya bagi siapapun yang meminumnya. Bahkan, bisa-bisa nyawa melayang hanya karena menikmati seteguk arak Bali.

#5 Kopi Kintamani Bali

Kopi Kintamani Bali - Cah Panjer
Image via : Instagram/@kopikintamani

Kalau kamu seorang pencinta kopi sejati yang tengah berlibur ke Bali, tak ada salahnya lho mampir ke Kintamani di Kabupaten Bangli. Kopi Kintamani ini sudah sangat populer di kalangan para penikmat kopi dari lokal maupuan mancanegara.

Kenapa kamu harus nyobain Kopi Kintamani Bali :

  • Kopi kintamani tergolong kopi arabika
  • Ditanam di dataran tinggi Kintamani
  • Kopi Kintamani memiliki aroma jeruk yang khas lho
  • Tingkat keasaman berada pada level sedang
  • Kopi Kintamani sudah mendunia

Kopi Kintamani digemari oleh orang-orang asing mancanegara, bahkan kopi Kintamani sudah diekspor ke Amerika Serikat sejak tahun 1825. Penasaran bagaimana rasanya? makanya main ke Bali.

#6 Kebaya Bali

Kebaya Bali - Cah Panjer
Image via : unsplash.com

Salah satu pakaian adat Bali adalah Kebaya Wanita Bali. Biasanya kebaya bali berwarna putih dikenakan oleh perempuan-perempuan Bali pada saat updacara keagamaan.

Ciri khas dari kebaya bali dibandingkan model kebaya dari daerah lainnya adalah adanya ikat pinggang. Inilah yang menjadi ciri khas serta filosofi tersendiri bagi orang bali. Dengan begitu, wanita akan tampak lebih anggun dan menawan dengan memakai kebaya Bali ini.

#7 Udeng Kepala Bali

Udeng Kepala Bali - Cah Panjer
Photo by Gita Krishnamurti on Unsplash

Udeng Kepala Bali merupakan salah satu pakaian adat Bali yang biasa digunakan pria sebagai penutup kepala. Bukan hanya sekadar penutup kepala, namun Udeng dipakai di beragam acara keagamaan oleh pria dewasa dan juga anak-anak di Bali.

Udeng Khas Bali tidak hanya dipakai kalangan atas saja, tetapi juga oleh warga kalangan menengah ke bawah biasa menggunakan udeng dalam kesehariannya.

Terdapat dua macam Udeng, yaitu polos dan berwarna. Udeng polos biasanya digunakan saat mengikuti kegiatan upacara keagamaan, sedangkan Udeng yang berwarna sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

#8 Joger Bali

Joger Jelek Kuta Bali - CahPanjer
Image via : jogerjelek.com

Joger Bali adalah salah satu tempat pusat oleh oleh Khas Pulau Bali yang sangat populer. Jika berlibur ke Bali, belum lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke Joger Bali.

Terutama jika belum memiliki oleh-oleh kaos dengan kata-kata unik khas Joger. Selain kaos kata-kata, Joger Bali juga menyediakan sweater, sepatu, sandal, jam Tangan, kemeja yang paastinya bagus berkualitas dengan harga yang bersahabat.

Kalian bisa melihat-lihat produk asli Joger Bali di website resminya -> https://www.jogerjelek.com/. Produk Joger asli hanya dapat dibeli di toko Joger yang hanya ada di pulau Bali.

#9 Kain Pantai Bali

Kain Pantai Bali - Cah Panjer
Image via : idntimes.com

Kain Pantai Bali yang multifungsi ini bukan hanya digunakan untuk menjadi alas duduk di pantai, namun dapat digunakan juga sebagai pakaian, rok, selimut, bahkan sebagai alas tidur.

Kain Pantai Bali ini biasa dibawa di perjalanan karena serba guna, ringan, mudah kering, dan tersedia banyak pilihan kwalitas serta corak sehingga dapat dipilih sesuai selera.

#10 Pia Kukus Bali

Pia Kukus Bali - Cahpanjer
Image via : Instagram/@piamadebali

Pia Kukus Bali cocok banget buat cemilan bareng keluarga dan temen pas lagi ngumpul, dijadikan oleh-oleh juga bisa karena kemasannya yang Bali bangett.

Pia Kukus Bali hadir dengan rasa yang mantab serta memiliki kualitas yang oke banget. Harganya pun sangat bersahabat tergantung isinya. Penasaran gimana rasanya? 😁

Penutup

Itulah tadi beberapa Oleh Oleh Khas Bali yang bisa kalian beli jika sedang berlibur ke Bali. Sebagai warga Indonesia yang baik, kita semestinya mendukung produk-produk lokal dengan membeli produk buatan Indonesia, khususnya Bali.

Sebelum saya akhiri, berikut saya ringkas kembali mengenai Oleh Oleh Khas Pulau Bali dalam bentuk tabel.

NoOleh Oleh Khas Bali
1Pie Susu Bali
2Cokelat Bali
3Kacang Disco Bali
4Brem dan Arak Bali
5Kopi Kintamani Bali
6Kebaya Bali
7Udeng Kepala Bali
8Joger Bali
9Kain Pantai Bali
10Pia Kukus Bali

Demikian informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat!!.

Last Updated on August 6, 2021 by Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Seorang yang suka belajar tentang hal hal yang baru dan menarik. Anda bisa mengenalnya lebih jauh disini.

Tinggalkan komentar