Minuman Khas Bali

31 0

Cah Panjer – Bali adalah pulau yang sangat eksotis, maka tidaklah heran apabila setiap tahunnya banyak wisatawan asing mengunjungi pulau ini. Setiap daerah di Indonesia memiliki minuman khasnya masing-masing, begitupun dengan Pulau Bali.

Pulau Bali memiliki berbagai jenis minuman enak populer yang wajib dicoba. Dalam tulisan ini kita akan sedikit mencari tahu mengenai nama nama minuman khas Bali yang dianggap populer.

Sekilas Tentang Bali

Sekilas tentang pulau Bali
sumber : pexels.com

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia dan bagian paling barat dari Kepulauan Nusa Tenggara. Letaknya berada di sebelah timur Jawa dan sebelah barat Lombok. Ibukota provinsi Bali adalah kota Denpasar.

Bali terkenal dengan seni yang sangat berkembang, termasuk tari tradisional dan modern, patung, lukisan, kulit, pengerjaan logam, dan musik. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

6 Minuman Khas Bali

Minuman khas merupakan sebutan untuk minuman dengan ciri khas suatu daerah atau negara. Hampir sama dengan daerah-daerah di Indonesia lainnya, Pulau Bali juga memiliki minuman khasnya sendiri.

Berikut saya telah rangkum minuman khas dari Bali yang pastinya enak dan wajib kamu coba.

#1 Kopi Bali

Kopi Bali - Minuman khas Bali
sumber : pexels.com

Kopi Bali terkenal akan cita rasa yang khas. Anda tentu tidak seharusnya melewati minuman berkafein ini selama liburan. Dengan aroma dan cita rasanya yang nikmat tentu akan menawarkan pengalaman tersendiri untuk anda selama liburan.

Keistimewaan kopi Bali antara lain :

  • 100% Kopi Arabika
  • Memiliki Aroma dan Rasa yang Unik
  • Memiliki Tingkat Keasaman Sedang

#2 Es Kopyor Kelapa

Es Kopyor Kelapa - Minuman khas Bali
sumber : topwisata.info

Minuman segar yang satu ini dibuat dari kelapa yang mengalami kelainan genetik, sehingga daging buahnya lunak dan tidak menempel pada batok kelapa. Tetapi sekarang sudah banyak pula es kopyor yang dibuat dari kelapa kopyor sintetis. Bahan utamanya adalah agar-agar atau jeli.

#3 Es Daluman

Es Daluman - Minuman khas Bali
sumber : kintamani.id

Es daluman memang memiliki tampilan serta rasa yang tak jauh berbeda dibandingkan dengan es cincau. Apalagi, es daluman memang sebutan untuk es cincau oleh masyarakat Bali. Bahan baku untuk pembuatan es daluman didapatkan dari daun tumbuhan yang memiliki nama latin Cyclea Barbata Miers. Selain memiliki rasa segar, es daluman punya khasiat tinggi untuk kesehatan.

#4 Brem Bali

Brem Cair Bali - Minuman Khas Bali
sumber : gotravelly.com

Berbeda dengan brem khas Madiun yang berbentuk kotak. Di Bali, brem merupakan minuman cair dan mengandung alkohol. Selain alkohol, brem juga mengandung beberapa unsur lainnya seperti gula pereduksi, gas karbondioksida dan juga sedikit asam organik.

Kadar alkohol yang ada dalam brem ini berkisar antara 3 hingga 5 persen dengan warna cokelat yang khas dari ketan hitam.

#5 Es Kuwut

Es Kuwut - Minuman khas Bali
sumber : idntimes.com

Es kuwut merupakan minuman segar yang berasal dari Bali. Kuwut sendiri sebenarnya berarti kelapa. Minuman segar ini cocok banget untuk dijadikan sajian berbuka puasa di bulan Ramadan. Bahan utamanya adalah serutan kelapa muda dan melon.

Es kuwut biasanya disajikan dengan hiasan potongan jeruk nipis. Namun, bagi kamu penyuka rasa asam, kamu boleh kok menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam es kuwutmu.

#6 Loloh Cemcem

Loloh Cemcem -Minuman khas Bali
sumber : ksmtour.com

Minuman tradisional loloh cemcem dikenal sebagai minuman yang berkhasiat tinggi untuk kesehatan. Perlu diketahui, masyarakat Desa Penglipuran, biasa mengonsumsi minuman ini sebagai jamu atau minuman kesehatan. Meski disebut begitu, Kamu tidak akan mendapati rasa pahit yang biasa hadir pada minuman jamu.

Penutup

Itu dia beberpa minuman khas dari pulau Bali enak dan populer yang wajib kalian coba jika berkunjung liburan ke Bali.

Tentu minuman diatas dapat menjadi pilihan bagi kita saat mengunjungi Bali, sekaligus bisa dijadikan sebagai oleh oleh dari Bali untuk keluarga tercinta.

Berikut saya ringkas kembali mengenai minuman khas Bali dalam bentuk tabel.

NoMinuman Khas Bali
1Kopi Bali
2Es Kopyor Kelapa
3Es Daluman
4Brem Bali
5Es Kuwut
6Loloh Cemcem

Demikian informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat!!.

Last Updated on August 2, 2021 by Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Seorang yang suka belajar tentang hal hal yang baru dan menarik. Anda bisa mengenalnya lebih jauh disini.

Tinggalkan komentar