Mengenal Aksara Bali

36 0

Hai, sobat Panjer, Kali ini kita akan sedikit Mengenal Aksara Bali. Seperti halnya Pulau Jawa yang mempunyai aksara jawa-nya sendiri, Pulau Bali juga punya aksaranya sendiri, yaitu Aksara Bali.

Pada Oktober 2018 lalu, pemerintah bali mewajibkan penggunaan aksara Bali bagi seluruh daerah di Bali. Lalu disusul oleh munculnya Peraturan Gubernur Bali tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

Sehingga saat ini banyak aksara Bali yang di letakkan diatas huruf latin, seperti pada papan nama jalan di Bali.

Sejarah Asal Usul Aksara Bali

Sejarah Aksara Bali

Menurut buku Modernisasi dan Pelestarian Perkembangan Metode dan Teknik Penulisan Aksara Bali karya I.B. Made Suasta, Asal muasal Aksara Bali tidak dapat dilepaskan dari perkembangan aksara di negara India.

Pada awalnya aksara dibawa oleh orang-orang India beragama hindu yang masuk ke Indonesia melalui jalur politik perluasan koloni, perdagangan, agama, dan kebudayaan.

Aksara India masuk ke Indonesia melalui Sriwijaya, kemudian memberi pengaruh pada perkembangan agama Hindu dan Budha.

Menurut Made Suasta, Aksara Jawa dan Aksara Bali berasal dari perkembangan Aksara Kawi di Indonesia.

Fungsi Aksara Bali

Fungsi Aksara Bali

Lalu yang jadi pertanyaan sekarang adalah Apa Fungsi Dari Aksara Bali? 

Menurut I Gusti Ngurah Bagus, Guru Besar Ilmu Antropologi Universitas Udayana, Aksara Bali mempunyai fungsi masing masing sesuai dengan jenisnya.

Adapun fungsi aksara Bali menurut jenisnya ada 2, yaitu :

  1. Aksara Biasa, Digunakan untuk menulis bahasa Bali dalam kehidupan sehari-hari (umum), termasuk dalam menuliskan karya sastra. Yang termasuk aksara biasa yakni aksara Wreastra(umum) dan aksara Swalelita(sansakerta).
  2. Aksara Suci, Digunakan untuk menulis masalah-masalah yang berkaitan dengan keagamaan, seperti japa mantra, weda, rerajahan. Aksara suci pun dibagi dua yaitu aksara Wijaksara(keagamaan) dan aksara Modre(magis).

Huruf Huruf Aksara Bali

Huruf Aksara Bali

Jumlah aksara Bali tergantung dari jenisnya. Misalnya saja aksara Wreastra terdiri atas 18 buah aksara yaitu ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, ma, ga, ba, nga, pa, ja, ya, nya. Aksara-aksara ini merupakan konsonan.

Sedangkan aksara Swalelita, mempunyai 47 aksara terdiri dari aksara suara 14 buah dan aksara konsonan sebanyak 33 buah.

Lalu ada aksara Wijaksara yang lebih rumit lagi. Aksara jenis ini punya lebih dari 60 buah aksara.

Kemudian aksara Bali yang paling sulit dibaca adalah aksara Modre. aksara yang satu ini susah dibaca karenaa aksara ini dilambangkan dengan gambar-gambar(simbol) tertentu.

Pendidikan Aksara Bali

Pendidikan Aksara Bali

Sebagai bentuk mencerdaskan kehidupan bangsa, umumnya sekolah-sekolah di Bali saat ini memiliki pelajaran Bahasa Bali sebagai salah satu mata pelajarannya. Pelajaran bahasa Bali mencakup percakapan sehari hari, aksara Bali, cara menulis aksara, dan lain semacamnya.

Hal ini sesuai dengan Pergub(Peraturan Gubernur) Bali no. 20 tahun 2013 pasal 4  ayat 1 yang isinya :

Bupati/Walikota dapat mewajibkan satuan pendidikan untuk mengajarkan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali minimal 2 jam pelajaran per minggu.

Para pendidik Bahasa Bali diwajibkan untuk mengkondisikan jam pelajaran agar benar-benar bersifat komunikatif sehingga para murid akan terbiasa menggunakan Bahasa Bali dan aksara Bali di kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, perlunya ada hari berbahasa Bali yang sempat digaungkan oleh beberapa sekolah di Bali. juga menjadi salah satu cara sekolah untuk menumbuhkan kecintaan para murid terhadap bahasa dan Budaya-nya sendiri.

Rekomendasi Font Aksara Bali

Rekomendasi Font Aksara Bali

Buat kalian yang ingin menulis bahasa Bali di perangkat digital kalian masing-masing, Kalian bisa menginstall beberapa Font Bahasa Bali berikut ini :

NoFont Aksara BaliPratinjau
1Aksara BaliFont Aksara Bali
2Bali GeripFont Bali Gerip
3KadiriFont Kadiri
4Noto Sans BalineseFont Noto Sans Balinese
5Pustaka BaliFont Pustaka Bali
6Tantular BaliFont Tantular Bali
7VimalaFont Vimala

Download Font Aksara Bali

Download Font Aksara Bali

Buat yang udah ga tahan pengen nyobain font aksara Bali, berikut ini Kami berikan Link Download Font Bahasa Bali :

NoNama FontLink Download
1Aksara Balimenysul
2Bali Geripmenysul
3Kadirimenysul
4Noto Sans Balinesemenysul
5Pustaka Balimenysul
6Tantular Balimenysul
7Vimalamenysul

Penutup

Demikianlah sedikit informasi mengenai Aksara Bali yang bisa saya bagikan kepada kalian, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua ya. bye.

Last Updated on August 30, 2021 by Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Seorang yang suka belajar tentang hal hal yang baru dan menarik. Anda bisa mengenalnya lebih jauh disini.

Tinggalkan komentar