Makanan Khas Bali

57 0

Kalau ngomongin Pulau Bali pasti tidak bisa lepas dari tempat pariwisata dan panoramanya yang bagus. Ternyata Pulau Bali juga punya makanan khasnya sendiri lhoo. Yuk disimak biar makin tau.

Pulau bali tidak hanya unggul dalam bidang pariwisatanya saja lhoo, buktinya ada bidang kuliner yang cukup unggul di Bali. Ada banyak makanan khas Bali yang enak dan dapat menggugah selera orang yang melihatnya.

5 Makanan Khas Bali yang Wajib di Coba

Kalian mau tahu apa aja makanan khas Bali yang enak? Berikut ini adalah 5 Makanan Khas Bali yang pastinya enak dan wajib dicoba. 😋

1. Ayam Betutu 🍗

Ayam Betutu Khas Bali
pegipegi.com

Ayam betutu merupakan salah satu makanan khas Bali yang ikonik, berbahan dasar daging ayam utuh yang dilumuri dengan bumbu rempah yang dihaluskan kemudian dibakar atau dipanggang.

Jika biasanya sebelum di masak ayam akan dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian namun tidak pada ayam betutu, ayam dibiarkan utuh saat  di olah, barulah kemudian ayam dibelah menjadi dua.

Tidak hanya rasanya yang enak dan khas, aroma ayam betutu ini juga sangat menggoda. Oleh karena itu banyak orang yang ingin mencobanya. Penasaran dengan rasanya?

2. Bebek Betutu 🦆

Bebek Betutu Yang di Cari Cari
Source : kintamani.id

Jika sebelumnya ada Ayam Betutu, di Bali juga ada Bebek Betutu yang tidak kalah populernya dengan Ayam Betutu. Keduanya sama sama diolah dalam keadaan utuh dan memiliki rasa yang hampir mirip.

3. Sate Lilit 🍖

Makanan Khas Bali Sate Lilit
Source : kooliner.com

Seperti namanya, Sate Lilit Bali adalah salah satu sajian kuliner masakan Indonesia yang berasal dari Bali. Keunikan Sate Lilit Bali ini adalah sajian yang khas, yakni terbuat dari daging cacah yang telah dibumbui dan dililitkan di batang sereh.

Dikarenakan Sate Lilit ini terbuat dari daging yang sudah dicacah, Sate Lilit Bali pun memiliki rasa yang enak sekali, empuk dan juga lezat. Hal inilah yang membuat Sate Lilit Bali memiliki banyak sekali penggemar dari seluruh pelosok negeri dari anak- anak dan orang tua.

4. Makanan Lawar 🥗 Khas Bali

Lawar Makanan Khas Bali
Source : balikami.com

Lawar merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari campuran dari sayur-sayuran atau daging yang dicincang dan di campur dengan bumbu-bumbu Bali dan kelapa yang diparut. Ada beberapa varian lawar :

  • yang pertama ada Lawar celeng, lawar yang terbuat dari daging babi sebagai bahan utamanya
  • yang pertama ada Lawar penyu, lawar yang bahan utamanya terbuat dari daging penyu
  • Lalu ada Lawar Barak (lawar merah), lawar ini menggunakan darah sebagai campurannya.
  • Dan yang terakhir ada Lawar putih, lawar yang tidak menggunakan darah, biasanya lawar ini digunakan untuk upacara.

Kamu kepingin makan lawar yang varian mana nih? Kalo saya sih yang putih ajah(cari yang halal).

5. Rujak Kuah Pindang 🥵

Rujak Kuah Pindang Khas Bali
Source : girlisme.com

Ini nih salah satu makanan favorit saya, yaitu Rujak Kuah Pindang. Rujak uang satu ini adalah salah satu jenis rujak yang populer di Pulau Dewata Bali.

Rujak ini berisi kombinasi dari beberapa buah-buahan segar yang hampir mirip dengan rujak manis atau rujak gula. Contoh buah yang digunakan mirip dengan rujak gula seperti mangga, bengkuang, pepaya, nanas, kedondong, mentimun, belimbing, dan lain sebagainya.

Yang membedakannya dengan rujak biasa adalah kaldunya yang terbuat dari campuran kaldu ikan pindang, garam, terasi, dan cabai. Rujak Kuah Pindang ini memiliki rasa pedas campur asin yang khas. Pokoknya mantab dah, buruan cobain.

Sumber & Referensi Terkait

Berikut ini adalh beberapa sumber serta referensi terkait :

  • https://balikami.com/lawar-makanan-khas-bali
  • https://www.idntimes.com/food/dining-guide/birgitta-angie/10-makanan-khas-bali-super-enak
  • https://roizzul.com/8-kuliner-khas-bali-yang-halal-dan-enak
  • https://www.kooliner.com/blog/kombinasi-sate-lilit-dan-sambal-matah-sedap/
  • https://www.reseppedia.com/resep-praktis-ayam-betutu-khas-bali
  • https://www.kintamani.id/bebek-betutu-khas-gianyar-kuliner-bali-istimewa-yang-butuh-waktu-masak-12-jam/
  • https://girlisme.com/10145/gilak-sih-kalau-mau-yang-seger-dan-pedes-4-rujak-ini-dijamin-bakal-menggoyang-lidah-kamu-rasain-bareng-bareng-yuk.html
  • Cah Panjer – Just another usefull website <<- di klik dong ngab 🙂

Gimana? Kalian tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas?  kalau saya sendiri sih sudah pernah nyobain semuanya, Kalian kapan main ke Bali?

Last Updated on July 19, 2021 by Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Seorang yang suka belajar tentang hal hal yang baru dan menarik. Anda bisa mengenalnya lebih jauh disini.

Tinggalkan komentar