Macam Macam Kasta di Bali

43 0

Cah Panjer – Hai kawan, udah tau apa itu Kasta? Kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Kasta dan Urutan Kasta di Bali agar kita makin tau tentang Pulau Bali.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita pelajari bersama apa sih kasta itu?

Apa Itu Kasta?

Pengertian kasta - Cah Panjer

Kata Kasta berasal dari bahasa Spanyol/ Portugis yaitu casta yang berarti ras, keturunan, atau suku. Sekitar abad ke-16 kasta digunakan oleh penjelajah Portugis untuk mendeskripsikan pembagian kerja pada masyarakat India.

Di Indonesia sendiri, sistem kasta dapat ditemukan pada masyarakat Bali. Penamaan anak-anak di Bali didasarkan pada kasta keluarga mereka,  jenis kelamin, dan urutan kelahiran mereka.

Sistem kasta masyarakat Bali didasarkan pada sistem kasta Catur Warna Hindu, walaupun tidak serumit yang terjadi di India. Versi sederhana ini menjelaskan pembagian manusia ke dalam 4 kasta yang berbeda.

Urutan Kasta yang ada di Bali

Urutan kasta di daerah Bali - Cah Panjer
Sebagai daerah yang masyarakatnya mayoritas beragama hindu, Bali juga memiliki sistem kasta yang merupakan warisan turun-temurun dari leluhur Bali. Berikut ini adalah 4 kasta yang ada di Bali dari yang tertinggi hingga terendah :

#1 Kasta Brahmana

Kasta di Bali - Barahmana

Kasta Brahmana, orang yang mengabdikan dirinya dalam urusan bidang spiritual seperti sulinggih, pandita dan rohaniawan. Selain itu disandang oleh para pribumi.

Kasta Brahmana memiliki dua golongan :

  • Pandita, merupakan gelar bagi pemimpin agama yang diyakini sudah dwijati. Dwijati sendiri artinya sudah lahir kedua kali, tugasnya jelas untuk memimpin ritual keagamaan. Gelar pandita tentu tidak sembarangan, karena hanya bisa didapat ketika sang “brahmana” melakukan ritual upacara penyucian diri (Diksa) dan ditandai (tapak) oleh guru spiritual utama (nabe) yang punya gelar pedanda, bhujangga, rsi, bhagawan, mpu/dukuh.
  • Pemangku, merupakan gelar pemimpin agama yang diyakini sudah ekajati. Ekajati sendiri artinya lahir sekali dari ibu kandung. Tugasnya untuk memimpin upacara keagamaan yang lebih kecil dari pandita. Biasanya melaksanakan tugas sehari-hari dalam pura. Sebutan lain Jero Mangku dan Jero Gede.

#2 Kasta Kesatria

Kasta di Bali - Kesatria

Kasta Ksatria, para kepala dan anggota lembaga pemerintahan. Seseorang yang menyandang gelar ini tidak memiliki harta pribadi semua harta milik negara.

Jika menelisik lebih dalam kasta kesatria ini masih dibagi dalam 2 golongan, yaitu :

  • Kesatria Dalem, merupakan keturunan dari Sri Kresna Kepakisan yang diberi mandat oleh Gajah Mada. Biasanya punya gelar sebutan “Dewa Agung”.
  • Kesatria Jawa, merupakan para ningrat yang berasal dari tanah Jawa (Majapahit). Kesatria Jawa dikenal masyarakat bali sebagai golongan “Arya” dan tugas utamanya mendampingi raja. Gelar kesatria mereka adalah Gusti, Ki Gusti, dan I Dewa.

#3 Kasta Waisya

Kasta di Bali - Waisya

Kasta Waisya, orang yang telah memiliki pekerjaan dan harta benda sendiri petani, nelayan, pedagang, dan lain-lain.

#4 Kasta Sudra

Kasta di Bali - Sudra

Kasta Sudra, pelayan bagi ketiga kasta di atasnya. Kasta ini merupakan yang paling banyak terdapat di Bali, hampir 90% dari jumlah penduduk warga Bali.

Ringkasan Kasta di Bali

Berikut ini sudah saya buatkan tabel ringkas mengenai Macam Macam Tingkatan Kasta Yang Ada di Bali.

NoTingkatan Sistem Kasta Masyarakat Bali
1Kasta Brahmana
2Kasta Kesatria
3Kasta Waisya
4Kasta Sudra

Penutup

Dalam sistem kasta di Bali, ada aturan yang berbeda-beda untuk berinteraksi/berkomunikasi dengan orang-orang dengan kasta yang berbeda. Bahasa Bali Madya biasa digunakan untuk lawan bicara yang belum diketahui kastanya, untuk menghindari ketidak hormatan kepada lawan bicara.

Itulah tadi keempat kasta yang ada di Bali. Semoga informasi yang dapat saya bagikan bisa bermanfaat!!.

Last Updated on August 19, 2021 by Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Ilham Taufiq

Seorang yang suka belajar tentang hal hal yang baru dan menarik. Anda bisa mengenalnya lebih jauh disini.

Tinggalkan komentar