Induk Organisasi Bola Basket

Hai selamat datang di Cah Panjer, kali ini kita akan membahas mengenai induk organisasi bola basket yang merupakan badan yang mengatur bola basket, baik itu internasional maupun nasional.

Dengan adanya induk organisasi ini, basket menjadi lebih mudah diatur dengan diadakannya aturan aturan resmi seperti pelanggaran, lama permainan, jumlah pemain, wasit, dan sebagainya.

Adanya organisasi induk bola basket membuat permainan bola basket menjadi lebih terstruktur dan sportif.

Dengan adanya aturan resmi(dasar) ini diharapkan jalannya pertandingan bola basket bisa lebih lancar tanpa kendala, karena sudah ada aturan tetap yang tidak dapat diganggu gugat, supaya permainan tidak kacau.

Nah, organisasi apa yang menaungi bola basket, baik di internasional maupun di skala nasional? Simak materi pembahasan berikut.

Induk Organisasi Bola Basket Indonesia

perbasi

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia disingkat “Perbasi” merupakan organisasi pengatur olahraga bola basket di Indonesia yang didirikan pada tanggal 23 Oktober 1951.

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) adalah satu-satunya badan/wadah kegiatan olahraga bola basket nasional yang memiliki wewenang dalam mengkoordinasikan dan membina segala kegiatan olahraga bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia.

Perbasi merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga bola basket.

Perbasi dibentuk di tahun 1951, bergabung dengan FIBA di tahun 1953 dan mengirimkan timnas pertamanya di Asian Games II di Manila, Filipina, pada tahun 1954.

Induk Organisasi Bola Basket Internasional

fiba

Federation Internationale de Basketball disingkat “FIBA” atau Federasi Basket Internasional adalah induk organisasi bola basket internasional, asosiasi yang mengatur bola basket dunia.

Organisasi ini didirikan di Jenewa pada 18 Juni 1932, dua tahun setelah olahraga ini secara resmi diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/ IOC).

Organisasi bola basket inilah yang menetapkan peraturan permainan bola basket, tidak hanya teknik namun juga perlengkapan, lama permainan hingga wasit pemimpin pertandingan yang harus dipatuhi oleh semua negara dalam olahraga bola basket.

FIBA didirikan di Jenewa, Swiss pada tanggal 18 Juni 1932 dengan nama asli Fédération Internationale de Basketball.

FIBA didirikan oleh delapan negara, yaitu Argentina, Cekoslawakia, Yunani, Italia, Latvia, Portugal, Rumania, dan Swiss.

Organisasi FIBA melaksanakan kejuaraan-kejuaraan bola basket seperti:

  • Turnamen antar negara: Kejuaraan Dunia FIBA dan Kejuaraan bola basket pada Olimpiade.
  • Turnamen antar klub: Kejuaraan Dunia Antarklub FIBA.

FIBA pertama kali menyelenggarakan Kejuaraan Dunia FIBA khusus laki-laki pada 1950, disusul dengan Kejuaran Dunia FIBA khusus wanita pada 1953.

Setelah itu, kedua kejuaraan tersebut diselenggarakan setiap empat tahun sekali sampai saat ini, di tahun yang berbeda dengan penyelenggaraan Olimpiade.

Pada awalnya, FIBA memberikan aturan khusus yang mengatur bahwa pemain yang boleh berkompetisi di turnamen Olimpiade basket hanya pemain selevel amatir.

Namun sejak tahun 1989, FIBA mulai memberi kesempatan bagi para pemain profesional untuk berpartisipasi dalam Olimpiade.

Hal ini membuat para pemain dari NBA di Amerika Serikat hingga pemain-pemain pro di Euroleague mampu memperkuat negaranya di Olimpiade.

Keputusan ini menjadikan negara Amerika Serikat, Spanyol, Lithuania, Jerman, Prancis, dan Argentina menguasai pergelaran Olimpiade karena banyaknya pemain mereka yang berkompetisi di kedua liga tersebut.

Walaupun sejak awal bermarkas di Jenewa, Swiss, pada tahun 1957 mereka pernah memindahkan markasnya ke Munich. Sampai pada akhirnya FIBA kembali lagi ke pusatnya di Jenewa pada tahun 2002.

Penutup

Itulah tadi materi pembahasan mengenai induk organisasi bola basket. Semoga bisa membantu dan berguna bagi kita semua dalam mempelajari bola basket.

Terima kasih sudah mau mampir, sampai jumpa di materi selanjutnya bye . . .

Tinggalkan komentar