Hukum Berbekam Saat Berpuasa

Hukum dan dalil bekam saat berpuasa
Source : Pexels/Omar Elsharawy

Sejak zaman nabi, berbekam adalah media pengobatan yang luar biasa. Hingga berbekam menjadi bagian dari sunnah yang baik dilakukan.

Selain mendapat pahala berbekam juga baik untuk kesehatan kita. Hal ini di karenakan bekam adalah proses pengeluaran darah kotor yang berpotensi menjadi penyebab penyakit di tubuh kita.

Selain berbekam, ada juga proses pengeluaran darah dari tubuh kita seperti donor darah dan lain sejenisnya. Lalu bagaimana dong hukumnya bekam saat berpuasa? Apakah dapat menyebabkan batalnya puasa?

Hukum Berbekam Saat Puasa

hukum berpuasa saat puasa
source : Pexels/Ahmed Aqtai

Pengasuh Pondok Pesantren Annur 1 Bululawang Malang, Jawa Timur, KH Ahmad Fahrur Rozi mengatakan, melakukan bekam saat berpuasa boleh-boleh saja.

“Menurut mayoritas ulama; Imam Abu Hanifah, Malik, Asy Syafi’i, berbekam tidaklah membatalkan puasa. Hanya sebaiknya dihindari, makruh saja. Kecuali jika sangat diperlukan,” ujar kiai yang akrab disapa Gus Fahrur tersebut.

Dalil Berbekam Saat Berpuasa

dalil berbekam saat puasa
Source : Pexels/khats cassim

Sekarang kita tau bekam saat puasa tidak membatalkan puasa, berikut ini adalah beberapa dalil yang berkaitan dengan berbekam saat berpuasa :

وَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم اِحْتَجَمَ وَهُوَ مُحْرِمٌ, وَاحْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ

Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah berbekam dalam keadaan ihram dan pernah berbekam sewaktu shaum (puasa). (Riwayat Bukhari.)

Adapun dalil lain mengenai bekam pada saat berpuasa :

Dari Tsabit Al Bunani: Anas bin Malik ditanya: “Apakah Anda memakruhkan berbekam bagi orang puasa?” beliau menjawab: “Tidak, selama tidak membuat lemah.” (HR. Bukhari No. 1940)

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸

About Ilham Taufiq 9 Articles
Seorang penulis di Cah Panjer

Be the first to comment

Leave a Reply