Lama Waktu Permainan Bola Basket

Hai, selamat datang di Cah Panjer. Sebelumnya kita sudah membahas Organisasi Induk Basket, sekarang kita akan membahas berapa lama waktu permainan bola basket.

Durasi permainan bola basket bervariasi, dan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan badan pengatur lainnya bertanggung jawab untuk menentukan panjangnya.

Durasi Umum Permainan Bola Basket

Sesuai dengan peraturan resmi dari induk organisasi bola basket internasional yaitu FIBA, permainan bola basket terdiri atas dua babak permainan yang masing-masing babak membutuhkan waktu selama 20 menit.

FIBA juga telah menentukan waktu istirahat yang akan dilakukan pada waktu pergantian babak, yaitu 10 menit pada saat pergantian babak.

Namun, FIBA mengizinkan untuk melakukan perpanjangan waktu dari dua babak menjadi empat babak, dengan waktu masing-masing babak ialah 10 menit(4 x 10 menit ditambah waktu istirahat 10 menit).

Sementara untuk pertandingan bola basket mini, akan dilaksanakan 4 babak. Yang mana setiap babaknya dijalankan selama 10 menit serta waktu istirahat selama 2 menit saja.

Durasi Permainan Bola Basket Berdasarkan Liga

Berikut adalah rincian dari berbagai panjang permainan di liga bola basket yang berbeda:

Liga NBA

Pertandingan National Basketball Association (NBA) terdiri dari empat kuarter dua belas menit, dengan total panjang permainan empat puluh delapan menit.

Namun, jam permainan berhenti selama periode empat puluh delapan menit itu karena berbagai alasan, termasuk pelanggaran, turun minum, dan time-out.

Akibatnya, permainan khas NBA selama musim reguler dapat berlangsung dengan total waktu dua hingga dua setengah jam, sedangkan durasi permainan selama babak playoff dan final dapat mencapai tiga jam.

Pertandingan NBA terpanjang dalam sejarah adalah tujuh puluh delapan menit, dengan enam perpanjangan waktu, dan berlangsung pada 6 Januari 1951, antara Rochester Royals dan Indianapolis Olympians di Rochester, New York. Olympians akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 75-73.

Liga WNBA

Permainan Asosiasi Bola Basket Nasional Wanita (WNBA) memiliki dua babak 20 menit, dengan total waktu permainan empat puluh menit.

Sekali lagi, penghentian jam memperpanjang setiap pertandingan, dan pertandingan musim reguler dapat berlangsung dua hingga dua setengah jam.

Pertandingan bola basket terpanjang dalam sejarah WNBA terjadi pada 8 Juni 2002, antara Orlando Miracle dan Cleveland Rockers.

Orlando Miracle menang 103–99 dalam permainan yang berlangsung selama dua jam lima puluh tujuh menit dengan tiga periode perpanjangan waktu.

Liga NCAA

Pertandingan bola basket perguruan tinggi, yang diawasi oleh National Collegiate Athletic Association (NCAA), National Association of Intercollegiate Athletics, dan badan pengatur lainnya, berdurasi empat puluh menit.

Namun, waktu tersebut mencakup dua babak dua puluh menit dalam permainan perguruan tinggi pria, sedangkan permainan perguruan tinggi wanita memiliki empat babak sepuluh menit.

Pertandingan bola basket NCAA terlama terjadi pada tahun 1981. Pertandingan antara Universitas Cincinnati dan Universitas Bradley berlangsung selama tujuh puluh lima menit dengan tujuh kali perpanjangan waktu.

Liga High school

Menurut National Federation of State High School Associations (NFSHSA), durasi permainan bola basket sekolah menengah atas dan permainan bola basket remaja masing-masing adalah tiga puluh dua menit, dengan masing-masing delapan menit per babak.

Durasi waktu keseluruhan dari permainan bola basket sekolah menengah adalah sekitar sembilan puluh menit.

Penutup

Apabila dalam permainan bola basket terjadi skor atau poin yang sama hingga akhir permainan, maka harus dilakukan perpanjang waktu sampai ditemukan selisih skor diantara kedua tim. Untuk perpanjangan waktu ini, ada waktu istirahat selama 2 menit.

Itulah tadi materi pembahasan mengenai lama waktu pelaksanaan permainan bola basket. Semoga materi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

yaudah gitu aja, sampai jumpa di materi selanjutnya.

Tinggalkan komentar