Bola Basket

Pada halaman ini, kita akan sedikit membahas mengenai pengertian bola basket. Kita juga akan membahas Asal Usul serta tujuan bermain bola basket.

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia.

Bahkan di Indonesia sendiri, olahraga bola basket tidak kalah populer dengan bulu tangkis dan sepak bola.

Adapun bola basket memiliki sejarah panjang sebelum menjadi olahraga terpopuler seperti sekarang ini.

Apa Itu Bola Basket?

pengertian olahraga bola basket

Secara umum pengertian Bola basket merupakan olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua regu, setiap tim berisi lima orang yang saling bertanding mencetak poin skor dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Asal Usul Olahraga Bola Basket

asal usul bola basket

Jika ada yang bertanya-tanya, bagaimanakah asal usul olahraga permainan bola basket?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica (2015), permainan bola basket pertama kali hadir di muka bumi pada tanggal 1 Desember 1891.

Sejarah permainan bola basket dimulai dari negara Amerika Serikat, permainan ini merupakan jenis permainan beregu adapun permainan ini diciptakan oleh James Naismith.

Kemudian pada 18 Juni 1932 induk olahraga bola basket dunia, Federation Internationale de Basketball (FIBA) dibentuk.

Dari situ perkembangan bola basket di dunia olahraga semakin pesat hingga saat ini.

Permainan bola basket juga sudah memiliki kejuaraan resmi dunia. Permainan bola basket juga sudah dipertandingkan di ajang-ajang olahraga dunia seperti olimpade, asian games, piala dunia bola basket, dan lain-lain.

Tujuan Permainan Bola Basket

tujuan permainan bola basket

Tujuan dari permainan bola basket adalah untuk memasukkan bola ke ring lawan sebanyak-banyaknya untuk memenangkan pertandingan.

Permainan bola basket dimainkan dalam 4 babak dengan durasi waktu setiap babak 10 menit dan terdapat jeda waktu 10 menit disetiap pergantian babak.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai pengertian bola basket(apa itu bola basket) yang bisa kita bahas kali ini. semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, bye.

Tinggalkan komentar